DKI Jakarta
082221212189
startupnusantar@gmail.com

5 Gaya Desain dan Konsep Interior Yang Dapat Menggambarkan Diri Anda

SERBA MURAH

5 Gaya Desain dan Konsep Interior Yang Dapat Menggambarkan Diri Anda

Boleh percaya boleh tidak bahwa desain ruangan atau rumah yang anda pilih dan gunakan adalah refleksi nyata dari karakter dan kepribadian anda sendiri. Bagaimana keseluruhan desain dan dekorasi yang anda gunakan, merupakan ciri khas, semacam marking untuk menunjukan dan mengetahui seperti apa diri anda yang sesungguhnya.

 

Selama lebih dari satu dekade terakhir, perkembangan dunia desain interior telah mengalami perkembangan pesat. Didukung hasil riset dan studi dari ilmu pengetahuan modern, khususnya psikologi, telah membuktikan relasi nyata hubungan antara desain interior dengan dampak psikologi terhadap seseorang.

 

Sebut saja misalnya interior atau pemilihan pencahayaan. Kedua hal yang sangat esensial tersebut, yang merupakan bagian dari desain interior secara keseluruhan, memiliki dampak yang sangat siginifikan, tidak hanya terhadap mental, namun juga fisik.

 

Relasi antara desain interior dan dampak psikologi bahkan sudah ada jauh sebelumnya, seperti ditunjukan dalam beberapa kepercayaan kuno; Vastu Shastra di India, atau yang populer Feng Shui-nya Cina.

 

Tidak hanya itu saja, hadirnya berbagai pilihan gaya dan konsepdesain interior seperti saat ini, kita dihadapkan pada pilihan konsep dan gaya desain yang dianggap pas dan cocok mewakili karakter dan kepribadian kita. Selain mewakili, tentunya pilihan gaya desain interior haruslah disesuaikan agar dapat memberikan efek positif kepada penghuninya.

 

Berikut 5 konsep desain interior (dalam infografis) yang banyak digunakan saat ini. Desain interior seperti apa yang sekiranya dapat benar-benar menggambarkan dan mewakili karakter dan kepribadian anda?

 

  1. Desain Modern

Konsep desain yang menitikberatkan pada efektifitas dan fungsionalitas. Mewakili gaya hidup modern yang simpel dan luwes.

 

  1. Desain Kontemporer atau Kekinian

Konsep desain kontemporer sebenarnya bukan merupakan sebuah konsep yang definitif. Namun lebih merupakan gaya dan desain tata ruang yang merefleksikan kondisi terkini. Dalam beberapa poin memiliki kesamaan dengan konsep desain modern, sehingga banyak yang menganggap rancu definisi dan ciri khas yang dibawa dalam kedua konsep desain tersebut.

 

  1. Desain Tradisional

Desain yang banyak menggunakan dan memerlihatkan gaya etnik. Ruangan yang tertata rapi dan terkoordinasi dengan sangat baik. Dekorasi dengan motif bunga kerap digunakan.

Desain tradisional dianggap mewakili gaya hidup yang dekat dengan tradisi. Meninggalkan kesan natural dan alami, sama seperti ciri khas yang dibawa pada konsep desain interior gaya rustik.

  1. Desain Industrial atau Urban

Desain interior industrial ditandai dengan kesan kuat pada suatu ruangan yang unfinished, atau kesan membiarkan segala sesuatunya hadir dan tampak belum selesai. Dinding bata ekspos, material besi, piping atau pemipaan yang terbuka, konstruksi langit-langit terbuka dan sebagainya.

Desain industrial dianggap mewakili gaya hidup modern, serba cepat dan simpel. Desain dengan karakter kuat yang mewakilimaskulinitas.

  1. Desain Klasik

Desain interior konsep klasik ini berasal dan terinspirasi dari gaya romawi dan yunani kuno yang mengandalkan pada susunan, keteraturan, keseimbangan dan harmonisasi yang nyaris sempurna.

Mewakili gaya hidup mewah, disiplin, serba teratur dan tertata rapi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *