DKI Jakarta
082221212189
startupnusantar@gmail.com

9 CARA CERDAS MEMBUAT RUMAH MUNGIL TERLIHAT LUAS

SERBA MURAH

9 CARA CERDAS MEMBUAT RUMAH MUNGIL TERLIHAT LUAS

Membeli atau membangun rumah kecil sebetulnya tidak masalah apalagi untuk anak muda yang baru memulai keluarga atau tinggal sendiri, memiliki rumah kecil dengan sedikit ruangan tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Lagipula, dengan kapasitas ruangan yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar, asalkan pemilik rumah cermat dan tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat.

Untuk menjawab permasalahan mengenai rumah kecil, Kania punya 10 trik memaksimalkan ruang dan lahan pada rumah kecil agar dapat terlihat lebih luas. Apa saja sih trik tersebut? Kamu penasaran? Makanya, simak dulu artikel ini

  1. Warna Cerah untuk Dinding

Kamu pasti sudah sangat sering mendengar atau membaca tentang bagaimana warna cat yang cerah  membuat ruangan atau rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik ini bekerja dengan efektif. Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil.

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

  1. Jangan Letakkan Furniture Menempel Pada Dinding

Telah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang dalam menata furnitur, menggeser furnitur ke dinding rumah telah dipercaya sebagai metode untuk memberikan ruang lapang bagi rumah kecil. Persepsi ini tidaklah sepenuhnya benar.

Jika kamu memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, berikan celah untuk bernafas, hingga ketika ada cahaya yang masuk, akan timbul bayangan dari sofa. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

  1. Manfaatkan Cermin Besar di Dinding

Jika kamu berkunjung ke rumah makan atau toko perbelanjaan dengan ruangan sempit, perhatikan sekeliling dinding ruangan tersebut. Pemilik toko memasangkan cermin pada sekeliling ruangan tersebut untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Trik cermin ini juga dapat diaplikasikan pada rumah kecil.

Pada ruangan yang cukup sempit, gantung beberapa cermin berukuran besar bersebelahan. Kreasikan bingkai cermin menjadi warna seragam untuk mempercantik dekorasi rumah, untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya.

  1. Manfaatkan Furniture Multi Fungsi

Meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit pada rumah kecil malah akan membuat rumah kecil terasa penuh dan sesak. Mengapa tidak menggunakan meja berlaci atau cabinet multi fungsi yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan? Saat ini, meja multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi.

Dengan memanfaatkan furniture multi fungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.

Ada juga ada meja kantor yang memiliki lemari penyimpanan, seperti meja belajar anak-anak, tapi kapasitas penyimpanannya dapat kamu manfaatkan untuk membuat rumah kecil kamu terasa besar.

  1. Karpet Multi Pola Yang Membuat Ruangan tampak Lebih Luas

Jika belum memiliki karpet untuk rumah kecil dan berencana berbelanja karpet, beli karpet dengan motif multi pola berulang yang kecil. Karpet dengan motif pola berulang kecil akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Letakkan karpet di bawah meja ruang tamu. Alaskan karpet dengan motif berpola berulang yang berbeda pada furnitur lain di rumah kecil kamu seperti di bawah tempat tidur, sofa, dan lemari. Ini merupakan trik ilusi mata untuk membuat rumah kecil terlihat luas, tidak sesak, dan terlihat cerah.

  1. Furniture Dinding Untuk TV

Jika ruang keluarga di rumah kecil kamu sempit, jangan ragu untuk menaruh beberapa alat elektronik di dinding. Gantung televisi di dinding, letakkan pemutar DVD, konsol game, atau speaker di dinding untuk memberikan ruang terbuka pada lantai.

 7.Jendela dan Tirai Besar

Jendela besar akan memastikan intensitas pencahayaan matahari yang masuk memenuhi ruangan pada rumah kecil cukup banyak                  sehingga mengubah kesan rumah kecil menjadi rumah yang luas, terang, dan terbuka.

Dengan dibantu tirai dan gorden yang tinggi, Langit-langit akan tampak lebih tinggi dan rumah kecil kamu akan terlihat lebih luas secara vertikal.

 8.Hilangkan pintu

Yang dimaksud pintu pada poin ini bukanlah pintu utama rumah menuju teras, melainkan pintu pemisah antar satu ruang dengan ruang yang lain. Jika ruang keluarga dan ruang makan dipisahkan dengan pintu, kamu bisa memilih untuk mencopot pintu dan mengantinya dengan sekat ruangan Untuk mencegah koridor terlihat kaku, berikan hiasan dan dekorasi bingkai foto dan lukisan.

Kamu juga bisa memanfaatkan ruang kosong dengan mengaplikasikan ambalan kayu pada dinding sebagai rak buku atau tempat penyimpanan.

9.Hias Plafond Dengan Stiker atau wall Art

Mengapa plafon perlu dihias dengan stiker dinding? Dengan menghias plafon, mata akan terdistraksi untuk melihat ke atas dan menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi, sehingga rumah kecil kamu terlihat luas. Menggunakan prinsip ilusi perspektif untuk menciptakan kesan rumah kecil yang lebih luas ternyata efektif, lho!

Menata dan memilih interior rumah kecil memang perlu berhati-hati agar tidak semakin sesak. Makanya, bijaklah memilih jenis furnitur serta warna yang ingin kamu terapkan pada sebuah rumah kecil ya!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *